Jumat, 23 September 2011

pemodelan grafik bitmap dan vektor



salam hangat semua para bloger,pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang pemodelan grafik bitmap dan vektor,langsung saja tanpa basa basi saya akan mulai menjelaskan
Di dalam dunia desain grafis kita akan bertemu dengan istilah Bitmap dan Vector. Apa ya itu teman-teman?
Tenang aja ga usah difikirin dengan istilah itu.ibaratnya ya, Gambarannya hampir sama dengan Sendok dan Garpu. Barang ini dibuat untuk makan, tapi berbeda bentuk dan fungsinya.
Bitmap dan vector dibuat untuk menyampaikan pesan gambar dalam media digital atau komputer. Keduanya memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Mari kita lihat penjelasannya



Bitmap:
Pemetaan bit adalah gambar grafis komputer yang terdiri atas titik-titik yang membentuk baris dan kolom.Citra yang terbentuk terdiri atas titik dan pixel. Pada citra raster,citra terdiri atas barisan pixel dan bukan vektor yang memiliki koordinat. Satu titik direpresentasikan oleh satu atau lebih bit data.Makin banyak bit yang digunakan untuk mempresentasikan satu titik,
makin banyak warna dan bayangan abu-abu yang bisa digambarkan.
Disingkat dengan BMP. Suatu format file atau ekstensinya untuk
format file grafis bit mapped windows yang menyimpan citra sebagai grid
titik-titik atau pixel. Dalam windows atau DOS suatu file bitmap akan
diberi nama seperti : image01.bmp, dimana dibelakang titik (.) ada
ekstensi bmp. File dengan nama seperti ini menunjukkan file jenis bitmap
Pernah lihat foto atau gambar pemandangan di komputer?seperti wallpaper windows, foto digital camera atau dari camera handphone?…nah hasil dari gambar2 tersebut adalah bitmap.
Karena sebenarnya kalau gambar itu diperbesar (zoom in) sampai maksimal. Isinya cuma kotak2 berisi warna. Jadi foto atau gambar pemandangan yg kita lihat di komputer itu aslinya adalah susunan kotak2 warna-warni yg sangat banyak, membentuk sebuah gambar dalam layar komputer. Software yg digunakan untuk mengedit bitmap adalah : Photoshop, Photopaint, Paintshop dll




vector:
vector adalahSuatu format gambar yang disusun berdasarkan vektor dengan tujuan
meminimalisasi penggunaan tempat penyimpanan data. Informasi yang
digunakan diantaranya adalah posisi titik awal, titik akhir dan arahnya
yang dihitung berdasarkan metode matematika (Bezier, Spline, NURBS,
dll) sehingga dapat diperbesar dan diperkecil tanpa merusak kualitasnya.

Contohnya kartun, gambar denah rumah, desain logo2 perusahaan atau kaos. biasanya  menggunakan gambar vector. Gambar Vector tersusun dari hubungan garis atau kurva yang menggunakan hitungan. Jadi misalnya ingin membuat gambar kotak. Sebenarnya hanyalah 4 garis yang saling terhubung. Sehingga membentuk kotak. Gambar vector tidak bisa menampilkan hasil gambar yang realistis seperti foto. Tetapi memiliki kelebihan mudah dikendalikan (di edit) bentuk atau ukuran gambarnya lebih akurat. Software yg digunakan untuk Vector adalah : Corel Draw, Adobe Illustrator, Freehand..dll








Tidak ada komentar:

Posting Komentar