Minggu, 13 November 2011

membuat objek bersinar menggunakan blender

Salam hangat untuk para blogger,kali in I saya akan memberikan tutorial tentang Cara Membuat Material Bersinar,adapun hal-hal yang perlu kita siapkan :
• Program: Blender 2.49b
• Tingkat kesulita : Pemula
• Perkiraan waktu selesai : 10-20 Menit
Langsung aja kita masuk ke langkah-langkah nya :

1.       Buka program Bender 2.49b anda dan anda akan melihat secara default sebuah kubus, lampu dan kamera.
2.       Aktifkan numlock pada keyboard anda dan tekan “0” untuk mlihat dari sisi kamera.





3.        Pilih kubus menggunakan klik kanan pada mouse dan tekan “x” pada keyboard. Muncul menu konfirmasi dan klik kiri pada menu “Erase selected Object(s)”. Dengan memilih menu tersebut kubus akan terhapus.
 


4.      Tekan “space” pada keyboard, lalu pilih menu add-> mesh-> uvsphere.

 



5.       Muncul menu “add UV Sphere”. Klik OK atau enter.



6.      Muncul obyek baru berupa bola.

 
7.       Tekan “F5” pada keyboard dan pada bagian bawah Blender klik “Add new” untuk memberi material baru pada obyek bola.



8.       Muncul beberapa tab yang berfungsi untuk mengubah jenis material yang akan digunakan


9.       Pada tab “Links and Pipeline” dan pada bagian bawahdi submenu “Render Pipeline” klik pada tombol “Halo”. Tombol ini berfungsi untuk mengubah material bola menjadi jenis halo/ titik-titik.


10.   Pada tab “Materials” klik kolom berwarna abu-abu yang akan memunculkan pallete warna. Anda bisa memilih warna yang anda sukai dengan meng-klik warna pada pallete.


11.   Pada kali ini saya menggunakan warna oranye. Anda juga bisa memasukkan kode hexa dari warna pada kolom “hex”.

 

12.   Tekan “F12” pada keyboard untuk me-render gambar.


13.   Gambar hasil render masih belum dapat dikatakan bersinar karena gambar terlihat seperti gambar lingkaran dengan warna orange saja. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa kustomisasi lagi. Pada tab “Shaders” klik pada “HaloSize” dan masukkan nilai 0.100 utnu mengecilkan ukuran titik-titik/halo.


14.   Tekan F12 dan anda dapat melihat gambar halo yang terlihat membentuk bola


15.   Gambar diatas terlihat masih gelap dan kurang bercahaya. Untuk memperbesar intensitas cahaya yang dihasilkan pada tab “Shaders” dan kolom “add” ubah nilainya menjadi 0.800


16.   Render lagi dengan menekan “F12”. Gambar terlihat lebih bercahaya.


17.   Untuk memberikan efek lebih bercahaya lagi, anda bisa memilih tombol ”Lines” dan mengubah nilai kolom “Lines”


18.   Render menggunakan “F12” dan pada titik-titik/ halo mengeluarkan garis-garis kecil


19.   Pilih obyek bola menggunakan klik kanan dan tekan “s” dan tekan 3 lalu tekan enter untuk memperbesar obyek bola 3 kali lipat.


20.   Render lagi menggunakan “F12”. Gambar bola terlihat lebih besar namun ukuran haloo terlihat lebih kecil.


21.   Untuk memperbesar ukuran halo, pada tab “Shaders ” ubah lagi nilai dari kolom ”HaloSize” menjadi 0.300


22.   Render seperti biasa menggunakan F12. Gambar mejadi lebih baik dengan ukuran halo yang lebih besar


23.   Untuk menyimpan gambar, tekan “F3” dan ketik nama file “namafile.jpg” lalu enter.


24.   Buka gambar menggunakan image viewer favorit anda

Demikianlah tutorial ini Jika anda kurang puas, silahkan ber-eksplorasi pada tombol-tombol dan nilai-nilai pada tab “Shaders”. Terima kasih telah membaca tutorial ini. Selamat mencoba!

Sumber : kaskus

2 komentar: